Selasa, 18 September 2018

[BLOG TOUR] BLACK LEATHER JACKET - WAWANCARA BERSAMA KAK ADITIA DAN KAK IFNUR


Hai! Aku kembali dalam event twigora, kali ini menjadi host novel Black Leather Jacket karya Aditia Yudis & Ifnur Hikmah. Sebagai pembuka blog tour, aku lumayan nervous dan deg-degan nih. Blog tour berlangsung 19 - 21 September 2018 ya, jangan lupa kalian buat mantengin jadwal lainnya ya. Karena pasti seru buat kepoin kakak-kaka penulis. Oh ya dalam rangkaian blog tour hari pertama ini adalah wawancara sama Kak Adit dan Kak Iif.

Wawancara aku sama Kak Adit dan Kak Iif :

1. Terinspirasi dari mana awal mulanya cerita ini?

πŸ“– Kak Adit : Dasar dari cerita ini adalah tentang pilihan. Seperti yang kita sama-sama tahu, di Indonesia banyak penulis yang harus memilih untuk jadi penulis penuh atau harus membagi keinginan itu dengan hal lain, atau yang lebih ekstrim ya harus mengorbankan pilihan itu. Itu situasi yang pengin aku ceritakan di novel ini. Sebaik-baiknya hidup Aidan, dia enggak bisa mendapatkan segalanya. Kurasa itu, salah satu awal mula kisah BLJ buatku, selain karena Aidan Turner. haha.

πŸ“– Kak Iif : Idenya, sih, berawal karena kita sama-sama suka Aidan Turner setelah marathon TV series Being Human, makanya kita kepikiran pengin bikin cerita dengan tokoh utama seperti Aidan. Ditambah dengan dunia kita yang dekat dengan penulisan, kenapa enggak bikin kedua tokohnya penulis? Toh, banyak juga penulis novel romantis cowok, salah satu favoritku Nicholas Sparks.

2. Berapa lama pengerjaan cerita ini? Apakah ada kendala saat menulis cerita ini?

πŸ“– Kak Adit : Aku enggak terlalu ingat berapa lama, tapi ketika menulis untuk draf pertama, aku dan Ifnur hanya butuh waktu sekitar 3-4 bulan. Justru yang lama adalah durasi editing yang sekitar setahun. Lamanya proses editing itu karena naskah ini sudah lama sekali didiamkan, jadi ada jarak antara aku dan naskah ini.

πŸ“– Kak Iif : Lama menulis sekitar 3-4 bulan, tapi jeda yang tahunan antara selesai menulis dengan editing bikin kita serasa balik lagi kayak menulis dari awal. Apalagi perkembangan yang cukup cepat, sehingga harus mengubah detail yang dulu in, sekarang malah udah out of date.

3. Tokoh favorit kakak di dalam cerita ini siapa? Alasannya?

πŸ“– Kak Adit : Karakter favoritku di BLJ adalah Richard, paman dari Aidan dan Allan. Yang menjadi alasanku, karena simpati akan tragedi dalam hidup beliau. Richard adalah sosok yang tegar, rasional, sekaligus rapuh sekali. Meski kemunculannya enggak terlalu banyak, tapi Richard adalah salah satu kunci dari kisah BLJ.

πŸ“– Kak Iif : Mya. Dia terkadang terlihat annoying tapi justru karakternya yang bikin cerita lebih hidup. Meski kalau dipikir-pikir punya teman kayak Mya di kehidupan nyata tuh bikin mentally exhausted banget, sih.

4. Kalau divisualisasikan dengan artis, siapakah kiranya yang cocok menjadi tokoh-tokoh ini?

πŸ“– Kak Adit : Hahaha, pas dulu nulis ini, karakter Aidan terinspirasi dari sosok Aidan Turner (dia ada di The Hobbit, serial Poldark, miniseri And Then There Were None). Sampai sekarang pun, aku masih merasa dia yang paling cocok untuk Aidan.

πŸ“– Kak Iif : Aidan Turner, karena memang ketika bikin cerita ini karena kesengsem sama Aidan. Makanya, Aidan ini punya rambut keriting awut-awutan, kayak Aidan Turner.

5. Adegan mana yang membuat kakak susah move on dalam cerita ini?

πŸ“– Kak Adit : Aku paling merasa dekat dengan adegan ketika Aidan dan Laura ngerjain naskah bareng di apartemen Laura, kemudian Aidan ketiduran .... Duh, aku pengin cerita detailnya, tapi nanti spoiler ... hahaha.

πŸ“– Kak Iif : Banyak, sih, terutama adegan Aidan dan Laura saling membuka hati. Salah satunya yang kusuka itu pas mereka di danau UI. Hint: tato.

Itu hasil wawancara aku sama Kak Adit dan Kak Iif, terima kasih kakak-kakak udah menjawab rasa penasaran aku. Kalian penasaran sama novel Black Leather Jacket? Tunggu besok ya, aku bakalan share reviewnya.


Tentang Penulis :

πŸ“– ADITIA YUDIS
Lahir dan menetap di Lampung. Mulai menulis sejak tahun 2009 dan terus belajar hingga sekarang. Penulis favoritnya adalah Ahmad Tohari, Umar Kayam, dan Ted Chiang. Sejak tahun 2010 sudah beberapa bukunya yang diterbitkan, antara lain novel adaptasi skenario 7 Misi Rahasia Sophie (2014),Time After Time (2015),Senandika Prisma(2016), dan Potret (2017).
Email:aditiayudis@gmail.com
IG/Twitter: @adit_adit.

πŸ“– IFNUR HIKMAH
Pembaca di pagi hari, editor di siang hari, penulis di malam hari. Menetap di Jakarta dan berkutat dengan kehidupan remaja sepanjang hari karena tuntutan pekerjaan. Menulis agar tetap waras karena butuh menuangkan isi kepala ke dalam tulisan. Sejak 2013 sudah menerbitkan beberapa buku, di antaranya Mendekap Rasa (2013), Do Rio Com Amor (2015), Reborn (2016). Impian terbesar: interview Michelle Obama.
Email: ifnurhikmah89@gmail.com
Instagram/Twitter: @ifnurhikmah/@iiphche


Kalian juga bisa kepoin penulis dan review buku ini di blog-blog di bawah ini. Jangan lupa buat ikutan rangkaian blog tournya, untuk mendapatkan satu novel Black Leather Jacket. Save the date ya gengs.

19 – 21 SEPTEMBER 2018 : SEFFI SOFFI
Url blog : seffisoffi.blogspot.com 

22 – 24 SEPTEMBER 2018 : ATHAYA
Url Blog: http://theboochconsultant.blogspot.co.id/

25 – 27 SEPTEMBER 2018 : GABRIELLA HALIM
URL blog : whatsgabyread.blogspot.com

28 – 30 SEPTEMBER 2018 : ILMI FADILLAH
Url Blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

1 – 3 OKTOBER 2018 : NATHALIA DP
URL Blog: http://nathaliabookshelf.blogspot.com

4 – 6 OKTOBER 2018 : NOLA
Url blog: https://canolareads.wordpress.com

7 – 9 OKTOBER 2018 : ASTRID CITRALOKAM
Url Blog:  dateabook.blogspot.co.id.

10 – 12 OKTOBER 2018 : PUTU RINI CIPTA RAHAYU
URL Blog : rinspiration95.blogspot.com

13 – 15 OKTOBER 2018 : ASRI RAHAYU MS
URL Blog: www.peekthebook.com

16 – 18 OKTOBER 2018 : ADYTA DHEA PURBAYA
Blog : adytapurbaya.blogspot.com

13 komentar:

  1. Fix langsung browsing Aidan Turner 😁

    BalasHapus
  2. Wah menarik nih tokohnya penulis ����

    BalasHapus
  3. Thank you Seffi. Semoga ikutan jatuh cinta sama Aidan ya hehe

    BalasHapus
  4. Gila editingnya lama. Penulis keren banget mau revisi konten yg udah out of the date, padahal kan repot.

    BalasHapus
  5. hello mak cof, aku datang lagi.. aku pemilik IG @dumzcharming (cukup narsis banget yak aku wkwkwkw)

    Auto search Aidan Turner daaaaannn...wooooowwwwww... he's so gorgeous wakakakaka...

    "Mya. Dia terkadang terlihat annoying tapi justru karakternya yang bikin cerita lebih hidup. Meski kalau dipikir-pikir punya teman kayak Mya di kehidupan nyata tuh bikin mentally exhausted banget, sih."

    Aduuuhhhh aku jadi penasaran kan sama sosok Mya, dan penasaran sama exhausted mentally itu maksudnya gimana.

    jadi, mak, pilih aku yak wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Wah, Aidan Turner. Aku baru lihat dia di miniseri And Then There Were None doang.

    BalasHapus
  7. Aku enggak tahu Aidan Turner itu siapa πŸ˜‚ but, aku inget tokoh Aidan lain yang juga really really ketjeh. Aku kenal nama Aidan di buku thriller suspense nya Karen Rose (ada yg tahu?) nah disana ada polisi keren dan macho yang namanya Aidan. Btw aku sampe pengen ngasih nama anak Aidan loh abis baca buku Karen Rose itu. Eh sekarang ada kesempatan kenalan sama the other Aidan yang beda profesi!! Sangat menggiurkan 😹😹😹

    BalasHapus
  8. ternyata ide dan inspirasi menulis itu bisa datang kapan dan dimana aja ya ka, kaya aidan ini ternyata ia adalah tokoh yang diciptkan dan terinspirasi dari suatu miniseri yang baru aku ketahui.. tadinya aku mikir kisah 2 penulis yang saling bekerja sama itu karena penulis novel ini pun dua orang hehe.. tapi leh uga lah

    BalasHapus
  9. mupeng aku baca blurbnya yaampun, sangat menggodaπŸ˜‚

    BalasHapus
  10. kerennn novel yg pake riset gitu berbobot

    BalasHapus
  11. Sof, dua penulis ini ada hubungan relationship kah? #kepo

    BalasHapus
  12. Agak shock tadi loat sekilas kok kayak panjang banget sesi wawancara ini. Trus baru sadar penulisnya ada 2, jadi jawabannya pun ada 2 ehehe.

    Inilah yg dinamakan hasil dari fangirling Aidan Turner justru membuahkan karya, ya gak sih? Jadi fangirlingan itu kalo ada temennya jadi ada faedahnya juga ya :D

    BalasHapus
  13. Jadi penasaran sama yang namanya Aidan Turner πŸ˜‚
    Joinan nulis sebuah cerita pasti ngga mudah karena harus menyatukan ide dll-nya, salut sama Kak Adit & Kak Iif πŸ€—

    BalasHapus

Love Song - Your Kidlee

Judul : Love Song Penulis : Your Kidlee (@yourkidlee) Penerbit : Bukune Jumlah Halaman : 304 Hal Tahun Terbit : 11 Feb 2020 ...