Selasa, 08 Mei 2018

Catatan Tentang Hujan - Anindya Firsta

Judul : Catatan Tentang Hujan
Penulis : Anindya Firsta (@anindyafrst)
Penerbit : Elexmedia
Tahun terbit : April 2, 2018
Jumlah halaman : 432 Hal.
ISBN13: 9786020456874
.
.
[BLURB]

Dalam rinai kisah kita terlukiskan. Kau yang tak lelah berjuang, kepada kerasku yang kaululuhkan. Sekarang biarkan aku menjadi laut yang menyimpan dalam semua rahasia kita. Seperti ombak di tengah samudra, biar aku berkelana jauh. Lalu pulang, kembali ke pelukmu, sang tepian.
***
Fajar dan Senja saling jatuh cinta. Seharusnya sesederhana itu untuk jadian. Tapi Senja tidak tahu rahasia-rahasia yang disimpan Fajar, sama seperti tidak tahunya Fajar pada isi hati Senja, apakah benar-benar untuknya, atau untuk cowok lain? Ini rumit. Tapi … bukan cinta namanya kalau tidak membingungkan, iya, kan?

[REVIEW]

"... Nggak ada alasan khusus. Tapi yang pasti, hujan itu tenang. Dia bikin gue ngerasa kalau gue nggak pernah jatuh sendirian." - [Hal. 71]

"Biar lo tahu, nggak ada yang abadi di dunia ini. Semua ada masanya ... Keindahan, bahagia bahkan duka." - [Hal. 216]

Diawali perbincangan seru antara Senja dan sang Papa. Ya Papanya Senja ini hobi banget buat jailin anaknya. Senja sih udah paham, makanya ya palingan dia cuman puter mata aja. Tapi ya keakraban Papa sama Anak perempuannya ini, manis banget. Meskipun emang terkadang, Senja kesel sih. Papanya ini jayus.

Di lain waktu ada tokoh yang bikin ketawa juga. Ya dia adalah Fajar. Fajar ini anaknya konyol banget deh, dan juga dia mah anaknya pecicilan banget. Guru aja kadang dibecandain, dan pastilah setelah itu, dia bakalan kena hukuman juga. Meskipun dihukum, Fajar ini tetep bahagia. Apalagi kesukaannya sama Mi Ayam, udah deh beberapa porsi bisa diabisin sendiri.

Ya Fajar dengan sikap yang konyol dan pencicilan dan Senja yang punya sikap intovert ini gimana ya kalau bertemu? Pertemuan tanpa sengaja mereka ini lucu banget, Senja yang disangka makhluk kasat mata oleh Fajar dan Surya -sahabatnya- buru-buru akan pergi dari Perpustakaan. Ya Senja, nggak suka keramaian. Di kantin aja dia ogah buat saling sikut sama yang lain.

Dan ternyata Fajar berhasil ketemu lagi sama Senja, ada insiden yang membuat mereka akhirnya kenalan. Fajar seneng? Pastilah yak, semenjak ketemu dengan Senja. Fajar selalu keinget mulu, yaa Fajar emang se-cheesy itu. Tapi sikapnya ini, bikin gemes loh. Dia mau bantu Senja cari buku yang dicari, sampe berkeliling toko buku.

Tapi kayaknya pedekatenya Fajar nggak berjalan mulus. Tiba-tiba Langit datang diantara mereka. Ya mereka seolah memperebutkan Senja. Apalagi latar belakang Langit dan Senja ini ada kesamaan. Senja juga merasa nyaman dengan Langit. Fajar? Jelas cemburulah, dia malah udah bilang perasaannya sama Senja. Tapi belum ada respon dari Senja. Ditambah kedekatan Langit dan Senja terjalin begitu saja, membuat Fajar sakit hati. (Peluk Fajar!)

Bukan hanya tentang romansa cinta yang ada di buku ini, ada konflik keluarga yang cukup rumit. Kayaknya ada sesuatu yang membuat Fajar nggak suka Langit deketin Senja. Langit ini adalah sosok yang berbuat sesuka hatinya, mencoba berontak karena nggak suka dengan keadaan keluarganya sekarang. Tapi ya siapa yang bakalan peduli. Itulah yang menjadikan sosoknya seperti sekarang.

Yang lebih kuat di sini, konflik Fajar dan Langit. Ada satu kejadian yang besar terjadi sama Fajar, dan Langit merasa sangat bersalah. Ternyata banyak kejutan yang membuat aku kaget. Ada apa ya sama Fajar dan Langit ya? Kenapa juga Langit merasa bersalah?

Baca kisah Senja, Fajar dan Langit ini bikin perasaan campur aduk ya, ada saatnya ketawa, ada saatnya sedih banget. Ya ketiga anak remaja ini emtah mendapat kekuatan dari mana, mereka bisa lebih dewasa dari anak-anak sebayanya. Dibeberapa bab, banyak teka-teki yang akhirnya terjawab.

❤ Debut pertama Anin yang mencuri perhatian banget, baru pertama kalinya baca karya Anin, gaya bercerita yang menarik dan juga detail. Ditambah puisi-puisi yang kece banget. Suka!

❤ Karakter tokoh cukup kuat, Senja yang gemesin banget, introvert yang suka banget hujan. Saking polosnya ini, dimodusin nggak ngeuh. Fajar, yang selalu tertawa bahagia dan pecicilam padahal di dalamnya nggak sebahagia itu. Langit yang urakan, tapi mempunyai pikiran yang dewasa meskipun emosi selalu terdepan. Tokoh favorit, jelaslah Fajar, dia mencuri perhatian banget deh.

❤ Gaya bercerita yang mengalir, memakai sudut pandang orang ketiga, penulis pintar mengeluarkan pikiran tokohnya sampe aku dibuat terhanyut, ada scene yang membuat aku mewek.

❤ Konflik terberat di sini adalah tentang keluarga, entah kenapa aku selalu suka teenlit yang konfliknya keluarga. Bukan hanya tentang cinta aja, malah konflik yang begini menyita perhatian banget. Apalagi konfliknya bikin kaget banget, seremlah kalau bayanginnya. Menuju akhir deg-degan banget tapi endingnya? Jelas sukaaa. Manis ahahaha...

Bagi yang cari cerita teenlit tema keluarga, bisa coba dibaca. Overall, aku suka dan jatuh cinta sama Fajal ❤

Rate : 🌟🌟🌟🌟

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Love Song - Your Kidlee

Judul : Love Song Penulis : Your Kidlee (@yourkidlee) Penerbit : Bukune Jumlah Halaman : 304 Hal Tahun Terbit : 11 Feb 2020 ...